Postingan

Sabtu, 15 Mei 2010

Bisnis bukan hanya untuk profit duniawi semata

Sudah selayaknya ketika kita terjun ke dunia wirausaha atau bisnis, bukan hanya materi yang dijadikan sasaran utama.

Bila bisnis bukan hanya bicara profit duniawi semata, saya yakin kita bisa memberi sesuatu yang lebih untuk sekitar kita.

Bisnis seharusnya juga bicara tentang manfaat. Apa kontribusi positif buat alam semesta, apa nilai lebih yang bisa diterima nasabah tercinta, dan yang lebih penting lagi apakah bisnis kita bisa kita jadikan sebagai salah satu bekal terbaik menuju kehidupan nyata setelah hidup ini yang teramat jelas betapa fana?

Begitu banyak bisnis yang amat tidak peduli dengan lingkungan, betapa keberadaannya merusak bumi, katakanlah bisnis kayu hutan liar yang menggiurkan, tambang yang hebat omsetnya, dan sebagainya. Tapi sering kali kita terlupa limbah yang kian bertambah, hutan yang digunduli tanpa reboisasi, alam bekas penambangan yang dibiarkan hancur begitu saja. Kita tidak lebih baik daripada hewan ternyata...

Pun juga, betapa banyak bisnis yang melupakan efek negatif terhadap masyarakat. Minuman keras yang dijual bebas. Bahkan saya sering kali tercengang melihat di daerah saya, Tanjungpinang, anak-anak remaja begitu bebasnya membeli di supermarket ternama. Ataupun bisnis lain yang tidak berpikir halal haram, baik buruk, yang tidak mungkin saya sebutkan disini karena alasan etika.

Bisnis selayaknya adalah bisnis yang bisa membuat dunia akhirat lebih baik.

Jadi, bagaimana dengan bisnis anda?

Tidak ada komentar:

About

Website resmi Agung Hermawan Efendi, Seorang Brand Maker. Pemilik beberapa brand. Berdomisili di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia.

Hubungi : kaospinang@gmail.com untuk berkomunikasi.

Social Links

<a href="http://www.4shared.com/audio/x6mWiXZm/renungan_kaospinang.html" target=_blank>renungan kaospinang.mp3</a>